Senin, 30 Oktober 2017

Belajar efek suspensi dengan game simulasi mobil

Game ini adalah game yang menurut penulis tidak merusak feeling. Apa yang dirasakan dari game tidak merusak feeling pada kenyataan. Feeling yang dirasakan pada saat di game juga terasa natural.


Memang ini game lama. Namun game lama ini sangat mudah di modif sehingga cocok untuk dibuat belajar pengaruh suspensi mobil. Suspensi juga mudah dirubah:

Untuk pertama download dulu:



di: 4shared

di: Google drive



Sesudah di download, file perlu diextract. File di compress dengan menggunakan 7zip. File bisa diextract dengan program 7zip atau winrar. Pastikan untuk membuat folder baru saat mengextract file.

Untuk menjalankan buka folder baru tersebut. Ada file yang namanya "run vr.cmd". Jalankan file tersebut untuk menjalankan simulasi. Bila crash coba jalankan beberapa kali. Mestinya program ini bisa jalan mulai dari windows 98 hingga windows 10.

Di game ada 3 opsi penting. Yang pertama adalah graphics:

Semua opsi di cawang dan dimaksimalkan mestinya tidak masalah karena tidak akan membebani komputer. Yang paling penting adalah resolusi. Karena game ini game lama, pilihan resolusi tidak ada. Untuk bisa merubah resolusi yang aneh aneh, perlu program tambahan.

Program tambahan ada di direktori data, namanya "Resolutionchanger.exe". Tinggal isikan resolusi lalu tekan tombol change. Program letaknya harus disitu saat dijalankan:

Selain itu ada opsi aids yang mengatur seberapa level driving aids dari game. Kalau mau coba matikan semua saja aidsnya:

Opsi lain adalah hacks.

Opsi horn ball artinya tekan klakson akan menembakkan bola. Pave the world akan membuat seluruh medan jadi seperti aspal semua (ngegrip semua).

Di situ ada opsi vehicle yang bisa dipergunakan untuk memilih kendaraan yang dipakai. Maklum game lama, milihnya susah. Aslinya game ini cuma ada Dodge viper saja. Di direktori data ada file namanya "carman.exe" bisa dipergunakan untuk merubah vehicle yang tampak di layar ini.

Untuk simulasi ini penulis sediakan 4 mobil yang sudah penulis modif dengan setelan standar penulis.

Yang 4WD diwakili phaetn:

Yang FWD diwakili vwgolf:

yang RWD diwakili ztune:

Yang RWD berat belakang diwakili t70por:

Yang lainnya handlingnya bisa beda.



Langsung ke mainnya. Tekan quick race.

Realism sebaiknya dipilih yang simulation. Di kolom tengah bisa memilih sirkuit yang akan dipakai. Sirkuit ini jumlahnya maksimal 8. Tapi bisa diganti dengan sirkuit lain dengan program "trackman.exe" di direktori data.

Di kolom kanan bisa memilih balapan sendiri, dengan bayangan, atau dengan musuh AI. tapi AI nya nggak jago, lebih banyak mengganggu kalau di sirkuit yang bukan bawaan game aslinya.

Setelah menekan enter akan keluar layar berikut:

Menekan race akan masuk ke game. Masuk ke garage dulu saja.

Layar pertama adalah setelan suspensi:

Bump adalah setelan hambatan shock breaker saat sedang ketekan. Yaitu saat jarak antara roda dan bodi saling mendekat. Rebound adalah setelan hambatan shock breaker saat sedang tertarik. Yaitu saat jarak antara roda dan bodi saling menjauh. Bump and rebound ini bila nilainya nol maka sama artinya tidak pakai shock breaker. Jadi bisa untuk lihat apa efeknya.

Springs adalah per. Angka 0 artinya empuk. Angka 100 artinya keras. Penulis buat minim goyangnya 1 kali per detik atau 60 cycle per minutes, seperti mobil empuk. Maksimal 150cps, seperti mobil sport.

Anti roll itu setelan sway bar. ada depan dan belakang secara terpisah. Angka 0 artinya tanpa anti roll.

Layar kedua adalah setelan setir:

Toe in adalah kemiringan roda ke arah depan. bisa dilihat sendiri. Normalnya dibuat lurus kecuali setelan untuk drifting pakai toe in masuk ke dalam untuk ban belakang.

Camber adalah sudut kemiringan ban. Ini suspensi tipe lama. Saat suspensi memendek ban juga ikut miring.

ketinggian untuk beberapa kendaraan bisa diatur. 3" itu sudah mentok dengan bump stop. Handling bisa kacau. Harus lebih dari 3" untuk tidak mentok.

Brake bias mengatur distribusi kekuatan rem depan dan belakang.

Wheel lock mengatur sudut maksimal beloknya. Berguna sekali kalau pakai keyboard nyetirnya.

Layar ketiga adalah setelan gigi:

Silahkan dimainkan, efek perubahan bisa dilihat langsung.

Layar keempat adalah setelan aero:

Angka 0 artinya tanpa anti lift dan tanpa hambatan. tapi setelan standar dibuat ada hambatan angin seperti mobil sedan.

Untuk balapan tekan "RACE".

Saat di game pakai kursor untuk maju mundur belok kiri kanan. Kamera bisa dirubah dengan tombol F1 sampai F11. F12 bisa dipakai di replay dengan tombol kursor untuk menggerakkan kamera.

Untuk keluar pakai tombol escape. Kalau butuh langsung matikan tekan Alt-F4.

Berikut video yang sudah penulis buat untuk menjelaskan suspensi:

1 komentar :

  1. I believe this is among the so much significant information for me.
    And i'm haply reading your article. However wanna remark on some general things, The website taste is ideal, the articles is iin reality
    nice : D. Good task, cheers

    BalasHapus